Jumat, 08 September 2017

Daftar Makanan Khas Malang Paling Enak dan Populer

      Banyak makanan yang bisa kamu temui jika kamu sedang berkunjung ke berbagai tempat wisata yang ada di Kota Malang. Seperti pantai Malang yang memukau, atau serunya bermain di Jatim Park I & II, juga berenang di Taman Wisata Sengkaling, dan lain sebagainya. Jika kamu sedang berlibur ke Malang, tidak perlu khawatir akan kelaparan karena tersedia aneka makanan khas Malang yang menggugah selera dan dijamin membuat kamu ketagihan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai beberapa nama makanan khas Malang yang paling enak dan juga populer diantaranya adalah,
 
1.   Bakso Malang President



   Bakso merupakan salah satu makanan yang paling populer dan banyak sekali penggemarnya. Ada salah satu bakso yang paling di kota Malang, yakni Bakso Malang President. Makanan khas Malang ini menggunakan bakso yang terbuat dari 100% daging sapi. Dalam penyajiannya, bakso disajikan bersama dengan kuah, mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tahu. Bakso Malang President sudah terkenal sejak tahun 1977 dan bahkan sampai saat ini memiliki puluhan cabang yang tersebar di Kota Malang. Bakso Malang President ini memiliki beberapa variasi pilihan dan campuran, antara lain bakso besar, bakso kecil, bakso goreng, bakso goreng panjang, bakso tulang muda, bakso goreng udang, siomay basah, siomay goreng, jeroan paru, dan lain-lain. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota Malang, kamu patut mencoba kuliner Makanan khas Malang ini.

2.   Rawon Nguling

   Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi karena juga cukup mudah didapat di luar daerah Malang. Makanan khas Malang ini memiliki Citarasa alami khas Indonesia yang sangat kuat karena makanan ini diracik dengan bumbu tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar, cabe, dan minyak nabati. Makanan khas Malang adalah makanan khas Jawa Timur yang cukup populer.
Jika kamu ingin mencicipi Makanan dengan kuah yang lezat dengan citarasa yang kuat, kamu bisa mengunjungi Depot Rawon Nguling di Jalan Zaenal Arifin No. 62 Malang. Di tempat wisata kuliner tersebut akan dihidangkan sajian Rawon yang istimewa dengan potongan-potongan daging sapi yang besar dan empuk, kuahnya yang tidak terlalu pekat, serta tidak mengandung banyak lemak.

3.   Orem - Orem
Hasil gambar untuk orem orem malang
    Orem-Orem adalah salah satu nama Makanan yang memiliki cita rasa yang sangat khas. Makanan khas Malang ini merupakan hidangan dengan komposisi irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya mirip kuah opor atau lodeh, tetapi  lebih kental lagi. Makanan khas Malang ini selalu identik dengan rasa pedas yang sangat menggugah selera.
Agar kualitas alaminya tetap terjaga, Makanan ini harus dimasak di atas bara api dari arang dan tidak menggunakan kompor. Biasanya Makanan ini disajikan bersama tempe goreng dan Mendol. Mendol adalah semacam gorengan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan, lalu dicampur bumbu dan digoreng. Agar Makanan ini terasa lebih lezat, harus ditambahkan dengan kecap dan sambal sesuai selera. Pokoknya nyesel kalo sampai kamu melewatkan kuliner Makanan yang satu ini, karena kamu takkan mendapatkan Makanan khas Malang ini diluar daerah, sebab Orem-Orem ini hanya dijual di daerah Malang saja.

4.    Cwie Mie
 Hasil gambar untuk cwie mie malang
   Cwie Mie juga termasuk dalam daftar nama Makanan khas Malang yang cukup populer. Makanan ini lebih mirip dengan mie ayam biasa. Hanya saja cwie mie ini menggunakan daging ayam yang dihancurkan yang mirip dengan abon. Rasa dari Makanan ini terbilang sangat unik karena Makanan khas Malang yang satu ini justru rasanya lebih asin. Makanan ini biasanya disantap dengan kuah gurih, daun selada segar, serta taburan bawang goreng. Uniknya lagi, makanan khas Malang yang satu ini disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit. Bagi kamu yang penasaran dengan rasa unik Cwie Mie, datang saja ke Resto Hot Cwie Mie Malang di Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo Batu.

5.   Soto Kambing

Gambar terkait
   
    Makanan khas Malang yang satu ini mungkin belum begitu populer dan hanya ada di daerah-daerah tertentu di Kota Malang saja. Makanan ini adalah soto kambing, awalnya, Makanan ini hanya disajikan untuk kalangan tertentu, misalnya acara selamatan atau bersih desa.Makanan khas Malang ini berkomposisi dari daging kambing, usus, taoge, ditambah irisan kubis. Makanan ini rasanya lebih mirip seperti perpaduan rasa soto dan gulai. Dalam penyajiannya, Makanan khas Malang ini biasanya ditambah perasan air jeruk nipis untuk menambah rasa lezat sekaligus mengurangi aroma daging kambing yang biasanya menyengat kuat. Paling nikmat jika Soto Kambing disantap dengan nasi yang masih panas. Jika kamu ingin mencicipi Makanan khas Malang yang satu ini, kamu bisa mencarinya di sepanjang jalan Malang menuju Batu yang dijual oleh pedagang keliling yang dipikul dengan tulisan soto saja, jadi jangan sampai terkecoh ya, karena Jarang kita temukan warung, rumah makan, atau restoran di Malang yang menyediakan Soto Kambing.

6.   Bakso Bakar

  Sajian menu Makanan khas Malang yang satu ini cukup berbeda, yakni Bakso Bakso Bakar. Dibanding dengan makanan lainnya, makanan yang satu ini sebenarnya merupakan jenis kuliner yang masih tergolong baru. Makanan khas Malang ini pertama kali diperkenalkan oleh warung Pak Man atau Suparman pada tahun 1997 silam hinnga kini menjadi sangat populer. Mungkin beberapa Makanan khas Malang tersebut tidak kamu temukan di luar kota Malang, jadi sangat sayang jika dilewatkan


0 komentar:

Posting Komentar