Jumat, 08 September 2017

5 Kuliner ini Wajib Kamu Coba Saat Dibali

  Jalan-jalan ke suatu daerah, tidak akan lengkap sebelum mencicipi kuliner khasnya. Apalagi kalau liburan ke Pulau Dewata, wajib banget mencicipi makanan khas Bali yang lezat. Ada banyak makanan enak di Bali dan dijamin bakal bikin ketagihan. Khususnya buat kamu yang suka banget sama makanan pedas, makanan tradisional khas Bali dijamin bikin kamu nggak bisa berhenti makan.

Pada umumnya, kuliner tradisional Bali ini memiliki rasa rempah yang kuat. Dan seringkali dilengkapi dengan berbagai jenis sambal yang rasanya nendang banget. Kalau mau berwisata kuliner di Bali, pastikan kamu mencicipi makanan-makanan ini.

1. Ayam Betutu



makanan khas bali
   Kuliner Bali yang satu ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Bumbu yang dipakai pun kaya akan rempah dengan dominan rasa pedas. Yang membuat masakan khas Bali ini sangat otentik adalah cara pengolahannya. Jadi, bumbu kaya rempah dimasukkan dalam bagian perut daging ayam. Kemudian dibungkus daun pisang, lalu dipanggang pakai bara api sekam. Memanggangnya juga nggak sebentar, tapi sampai 24 jam. Wah, lama juga ya. Dengan begitu, daging ayam akan terasa lembut dan bumbu meresap dengan sempurna dalam makanan khas Bali yang enak ini.

2.  Sate Lilit



sate lilit bali

  Kamu penggemar sate? Makanan Bali yang satu ini wajib dicoba. Sate lilit merupakan salah satu primadona menu makanan khas Bali. Sesuai namanya, sate ini disajikan dengan cara dililit. Umumnya yang dipakai adalah daging ikan tenggiri. Jadi daging ikan akan dihaluskan terlebih dahulu lalu diramu dengan bumbu khas Bali. Kemudian dililitkan ke batang serai. Rasanya empuk dan juga gurih. Aromanya pun, aduhai sedap.

3.   Rujak Kuah Pindang



menu khas bali

   Kuliner yang satu ini agak berbeda dari makanan adat Bali kebanyakan. Tidak berbahan daging atau rempah yang kuat, melainkan memberi sensasi asam pedas yang khas. Rujak ini terdiri dari irisan mangga dan aneka buah (kadang juga rumput laut) yang diberi campuran kuah pindang serta cabai. Kebayang nggak tuh kombinasi rasanya kayak apa? Pedas, asam, manis jadi satu. Selain bisa ditemukan di berbagai restoran di Bali yang menyajikan masakan tradisional Bali, rujak kuah pindang gampang dibeli di warung atau pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Bali
4.   Nasi Jinggo


makanan bali

  Buat kamu yang ingin wisata kuliner Bali tapi punya budget terbatas, nasi jinggo bisa jadi pilihan tepat. Dibungkus dengan daun pisang, nasi sekepal bisa dinikmati dengan lauk pauk yang bisa terdiri dari mi goreng, tempe goreng, serta suwiran daging ayam, dan pastinya juga aneka sambal Bali yang pedas. Kalau nggak sempat mampir ke restoran terkenal di Bali, menikmati sebungkus nasi jinggo di warung-warung makanan khas Bali bisa jadi pengalaman unik tersendiri.
5.   Nasi Tepeng


masakan khas bali

    Kuliner wajib di Bali ini sangat khas dengan racikan bumbu rempah yang disiramkan di atas nasi yang dimasak cukup lembek. Dilengkapi aneka sayur dan lauk, nasi tepeng seringkali disajikan dengan daun pisang. Hampir sama dengan berbagai masakan Bali lainnya, nasi tepeng ini juga punya cita rasa pedas. Buat kamu yang suka masakan pedas, kuliner enak di Bali ini jangan sampai dilewatkan begitu saja ya. Nah, kira-kira mau coba kuliner yang mana dulu nih? Pokoknya nggak akan lengkap rasanya jalan-jalan ke Bali kalau belum mencicipi dan menikmati makanan dan berbagai masakan tradisional khas Bali tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar