Sabtu, 09 September 2017

Kerajinan Tangan Lombok

Wisata ke Pulau Lombok akan semakin lengkap jika traveler juga mengunjungi spot-spot wisata dengan produk-produk kerajinan tangan khas.
Di mana saja dan jenis kerajinan tangan apa?
Simak Yuk!


1. Sentra Kerajinan Olahan Bambu di desa Loyok

Kerajinan Tangan Khas Bambu

Dekat dari beberapa desa wisata lain seperti Tete Batu, Pringgasela dan Masbagik, desa Loyok eksis sebagai desa sentra kerajinan tangan khas olahan bambu. Hampir seperempat abad terakhir, desa ini makin mudah diakses dengan ruas jalan menuju desa yang terletak persis di ruas jalan utama dari pelabuhan Lembar di ujung barat Lombok, menuju pelabuhan Kayangan di ujung timur.
Berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Mataram atau sekitar 45 menit dari Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya Lombok Tengah. Desa yang juga masih kaya dengan lahan persawahan nan hijau, benar-benar menjanjikan perjalanan memasuki desa nyaman dengan suasana sejuk dan hijaunya tanaman-tanaman di petak sawah kiri dan kanan jalan. Jejeran Art shop akan segera kita jumpai di pusat desa. traveler bebas memilih mau masuk ke art shop yang mana, atau memuaskan hati dengan koleksi kerajinan tangan khas dengan kunjungi semua art shop yang ada.
Range harga kerajinan tangan khas desa Loyok mulai dari ribuan rupiah untuk berbagai macam jenis key chain (gantungan kunci) sampai ratusan ribu untuk olahan kerajinan tangan khas bermotif rumit atau berukuran besar.

2. Sentra Kerajinan Lontar di Suradadi

Usai puas kelilingi desa Loyok, Lanjut perjalanan ke sentra kerajinan tangan khas olahan lontar di desa Suradadi. Berkendara sekitar 30 menit ke arah barat, dus relatif lebih dekat dari arah Mataram atau Bandara Internasional Lombok di Praya.

             Kerajinan Tangan Khas Tebolak dari Lontar
 Kerajinan Tangan Khas Tebolak dari Lontar

             Kerajinan Tangan Khas Cecopok dari Lontar
 Kerajinan Tangan Khas Cecopok dari Lontar

 Cecopok (kotak), tebolak (tudung saji), dua nama kerajinan khas olahan daun lontar. Warna-warna cerah dari tebolak seringkali menjadi pemandangan khas di pesta-pesta tradisional di desa-desa di Lombok yang masih memilih menyelenggarakan acara dengan cara lama. Bukan sediakan makanan di meja prasmanan seperti pesta-pesta kekinian. 

3. Sentra Kerajinan Patung Kayu di Senanti

Dusun Senanti merupakan satu dari beberapa dusun lain di desa Sukaraja kecamatan Jerowaru Lotim. traveler yang menyukai kuliner Lombok, umumnya lebih mengingat kuliner Sukaraja Ampenan. Nah, sekarang, ada Sukaraja juga namun eksis sebagai sentra kerajinan patung kayu.

         Kerajinan Tangan Khas Lombok Timur

Kerajinan Tangan Khas Patung Kayu Senanti Lombok Timur.Menggunakan jenis kayu Lian, Mahoni, Bajur dan Jati, kreasi kerajinan tradisional dusun Senanti menjadi satu varian kerajinan patung di Lombok. Bentuk-bentuk gecko, berugaq, serta berbagai bentuk patung lainnya. Tak sebatas di Senanti, hasil kerajinan patung juga kerap menjadi pelengkap di sentra toko oleh-oleh lainnya, terutama di spot-spot wisata mainstream di Lombok.

Kerajinan Tangan Khas

Tiga destinasi di atas bisa dikelilingi dalam satu hari trip. Ruas-ruas jalan sudah semakin terbuka dan memungkinkan traveler bisa peroleh tiga skill baru, pengetahuan dasar menganyam bambu dan lontar, serta pekerjaan ringan di proses membuat satu patung kayu di Senanti.
Trip wisata telusuri kerajinan tradisional di tiga desa wisata berbeda ini paling pas untuk rombongan traveler yang membawa keluarga. Alam-alam desa yang sejuk dengan pemandangan sawah serta rimbunan pepohonan di kejauhan, juga bisa kunjungi spot-spot hutan bambu di desa Loyok. Trip wisata penambah pengetahuan berkesenian khas ala Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar