Sabtu, 09 September 2017

Alat Musik Dari Lombok

Alat Musik Tradisional Daerah Lombok Sasak

Alat musik tradisional dari daerah Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat bernama Gendang Beleq. Sasak adalah nama suku yang mendiami pulau Lombok, pulau yang pada masa penjajahan Belanda disebut dengan pulau sunda kecil. Suku ini mempunyai tradisi kebudayaan Gendang Beleq. Masyarakat Lombok sendiri ada yang menyebut kesenian ini dengan nama musik Gendang Beleq atau tari Gendang Beleq. Hal ini karena sang penabuh Gendang memainkan alat musik mereka sambil menari. Musik dan tari dapat terekspresikan melalui gerak dan bunyi dalam kesenian Gendang Beleq ini.

Berikut adalah jenis jenis alat musik tradisional dari daerah Lombok sasak :
 
1. GENGGONG
Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik tiup yang terbuat dari pelepah daun enau. Secara etimologis kata genggong bersala dari kata geng (suara tinggi) disebut genggong lanang dan gong (suara rendah) disebut wadon, sehingga musik genggong selalu dimainkan secara berpasangan. Musik genggong secara orkestra dapat dimainkan dengan alat musik yang lain seperti petuq, seruling,rincik dan lain-lain.
 
 2.  Mandolin
Alat ini merupakan sebuah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisonal. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnnya untuk mengiringi lagu-lagu tradisional.
 

3.  Gendang bleq
Disebut gendang beleq karena salah satu alatnya Disebut Gendang Beleq karena salah satu alatnya adalah gendang beleq (gendang besar).Orkestra ini terdiri atas dua buah gendang beleq yang disebut gendang mama (laki-laki) dan gendang nina (perempuan), berfungsi sebagai pembawa dinamika.Sebuah gendang kodeq (gendang kecil), dua buah reog sebagai pembawa melodi masing-masing reog mama, terdiri atas dua nada dan sebuah reog nina, sebuah perembak beleq yang berfungsi sebagai alat ritmis, delapan buah perembak kodeq, disebut juga copek. Perembak ini paling sedikit enam buah dan paling banyak sepuluh. Berfungsi sebagai alat ritmis, sebuah petuk sebagai alat ritmis, sebuah gong besar sebagai alat ritmis, sebuah gong penyentak, sebagai alat ritmis, sebuah gong oncer, sebagai alat ritmis, dan dua buah bendera merah atau kuning yang disebut lelontek.
 
 
4.   Barong Tengkok
Merupakan salah satu jenis musik orkestra Lombok, terdiri dari krenceng enam pasang, satu buah gendang dan sebuah petuk. Barong lanang/wadon yang berfungsisebagai tempat reog sebuah gong dan tiga buah seruling sebagai pembawa melodi. Disebut barong tengkok karena salah satu alatnya (reog) diletakkan pada bentuk barong yang dibawa dengan ditengkokkan.Dikatakan pada lirik yang dinyanyikan sebelum bangkit menari:Tiang lanang beli bagus Beli bagus bau rauh Kasunane tarik bebunga Sedang pengibing (penari) seolah kumbang yang merindukan bunga.

 Dari beberapa alat musik diatas sebenarnya masih banyak lagi alat musik lainnya. dan harus kita jaga dan kita lestarikan.

0 komentar:

Posting Komentar